Cara Membuat Vitual Machine Baru Pada VMWare Workstation

Cara Install VMWare Workstation - vmware workstation adalah aplikasi untuk membuka 2 dekstop dalam 1 pc. karena banyak yang bingung untuk menginstallnya jadi saya membuat tutorial cara install vmware workstation. Saya pernah menginstall aplikasi ini untuk gb pb hehe, jadi saya pernah menginstallnya dan membuat 1 dekstop pada vmware. Agar dekstop di vmware bisa berjalan dengan lancar dibutuhkan ram yang cukup banyak. minimal anda harus mempunyai 4gb ram dam pc anda. Langsung saja ke cara install vmware workstation.

CARA INSTALL
  1. Download VMWare Workstationnya terlabih dahulu pada websitenya (tulis saja digoogle VMWare Workstation)
  2. Jika sudah extract terlebih dahulu filenya jika filenya ada dalam rar / zip
  3. Jalankan installernya dengan run as administrator 
  4. Lalu pilih next dan accept lalu next lagi
  5. Untuk setup typenya pilih yang typical dan pilih mau disimpen difolder mana
  6. Uncheklist pada software updates
  7. Lalu next next dan tunggu installannya sampai selesai (agak lama emang)
  8. Jika sudah selesai klik finish
CARA MEMBUAT VIRTUAL MACHINE BARU
  1. Buka VMWare Stasion nya
  2. Lalu klik yang Create a new Virtual Machine 
  3. Pilih yang costum
  4. Pada machine hardware compability saya menggunakan Workstation 10.0 klik next
  5. Lalu di OS pilih I will install the operating system later, nanti kita setting diakhir
  6. OSnya pilih yang sesuai dengan yang akan anda pakai, saya memakai windows 7 basic, jadi saya pilih Microsoft Windows Versionnya 7
  7. Virtual Machine name isi bebas, Lalu tentukan folder dimana anda menyimpan virtul machine nya
  8. Number Processornya pilih 1 aja
  9. Di bagian Memory ini anda harus menentukan jumlah ram yang akan dipakai pada dekstop di VMWare, agar dekstop bisa berjalan dengan lancar pilih yang 2gb. tapi jika anda memilih yang 1gb pun tidak apa apa, hanya resikonya agak ngelag.
  10. Network type saya pilih NAT
  11. SCSI Controller : LSI Logic SAS (yang recommended)
  12. Virtual disk type : SCSI (yang recommended)
  13. Lalu pada Disk, karena ini buat baru jadi pilihnya yang Create a new virtual disk
  14. Untuk Disk Capacity, menurut saya minimal 20gb tetapi karena saya tidak memakai banyak tempat jadi saya menggunakaan 25gb. untuk allocate all disk space now jangan diceklis. dan pilih yang store virtual disk as single files, biar garibet.
  15. Next
  16. Lalu finish.
  17. Pada panel kiri pilih vm yang tadi dibuat
  18. Lalu klik Edit Virtual Machine Setting
  19. Klik CD/DVD (SATA), pada panel connection di sebelah kanan pilih USE image files, lalu pilih iso file windows. (anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu windows berapa yang anda ingin pasang, tetapi biasanya sudah tersedia juga difolder VMWarenya)
  20. Jika sudah selesai, klik Power on this Virtual Machine. dan install windowsnya...
Catatan : Untuk anda yang malas membaca tutorialnya, tonton videonya di bawah.

0 Comments

Silahkan jika ada yang ingin memberi saran atau pertanyaan jangan sungkan :) . Jangan Spam!