Cara Mempercepat Performa Kinerja Android

Siapa yang ga kesel kalo hpnya lemot, batre cepet habis, gampang panas, suka lag/hang/stuck dan permasalahan lainnya. Kalo bukan hp jadul bisa aja emang spesifikasi dari hpnya yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang digunakan. Tapi apa bisa hp jadul & hp dengan spesifikasi rendah mendapatkan performa yang maksimal??? Coba aja tips di bawah siapa tau bisa!

APA PENYEBAB ANDROID LEMOT & MUDAH PANAS?
Ada beberapa penyabab diantaranya aplikasi yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi hp kamu, penggunaan yang berlebihan (overused), tempat penyimpanan (file storage) yang penuh, Sampah sampah dari aplikasi (cache) yang menumpuk & tak kunjung dihapus, GPS yang selalu dinyalakan juga dapat menyebabkan hp panas, terlalu lama bermain game, dan macam macam yang berlebihan lainnya.

LALU BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN PERFORMA ANDROID?
Ikuti langkah-langkah di bawah ini insyallah bisa meningkatkan performa android kalian, tapi kalo androidnya masih lag/hang/stuck berarti emang sudah seharusnya menabung dan membeli yang baru. (:

Yang Pertama Pastinya Menghapus Aplikasi/File yang Tidak Penting!
Aplikasi-aplikasi seperti game yang sudah jarang dimainkan, atau aplikasi bawaan yang tidak pernah dipakai contohnya Hangout, Play Movies & TV, Keep. Mungkin beberapa user masih menggunakannya, tapi kalo engga, ya uninstall aja. Gimana cara menghapus aplikasi bawaan dari android? Cek postingan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android!
Lalu ada juga file file yang tidak dibutuhkan, misal foto foto hasil autosave dari wa, hapusin aja kalo ga guna atau ga ada hubungannya sama kalian, terus installer aplikasi yang sudah tidak digunakan yang didownload dari browser, atau dokumen dokumen yang cuma jadi hiasan hp.

Hapus Sampah/Cache Aplikasi 
Kita bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan dari android yang sudah ada, atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke 3, seperti misalnya nox cleaner banyak fitur yang ditawarin sama aplikasi ini dan yang terpenting aplikasinya gratis! (bisa dicari di playstore) Banyak juga sih yang pake clean master, tapi berdasarkan pengalaman admin dari dulu clean master cuma nambah berat android.

Menggunakan Launcher Bawaan Atau Beberapa Launcher Rekomendasi
Untuk tampilan sih mending biasa tapi performa ajib, daripada tampilan wow tapi performa lemot. Ada beberapa saran nih buat tampilan tema kamu cakep walaupun pake launcher/tema bawaan yaitu dengan memanfaatkan lokasi aplikasi & background yang digunain acak acak seenaknya kamu deh, contohnya cuma aplikasi yang sering dipake yang ada di tampilan home, trus pemilihan background/wallpaper yang simple, buat nyari wallpaper yang simple & pas untuk android cari aja digoogle image dengan keyword "Android Simple Wallpaper HD", "android material wallpaper hd".
Tapi kalo kamu mau pake launcher yang bagus, enak diliat, & cepat ada beberapa rekomendasi launcher yang pernah dipake nih (bisa dicari di playstore) :
  • Nova Launcher
  • Evie Launcher
  • Google Now Launcher
  • Rootless Launcer
Nah itu beberapa rekomendasi launcher yang enak & cepat, kalo mau nyari sendiri ada beberapa yang bisa diliat yang bagus dan ga lemot, liat yang ukuran (size)nya kecil ga terlalu besar, liat gambarnya yang simple ga macem macem.

Penggunaan Multitasking yang Wajar
Untuk ram android yang di bawah 2gb, dianjurkan jangan membuka aplikasi terlalu banyak, jadi kalo kamu udah pake 1 aplikasi & mau ke aplikasi yang lain lebih baik close aplikasi yang udah ga digunain.

Penggunaan GPS Hanya Saat Dibutuhkan
GPS berguna untuk map jika kita membutuhkan arahan jalan di kota kita, apalagi kalo kita ga hapal jalan, pasti butuh banget google map, waze atau apapaun itu buat ngarahin kita ke tempat yang kita mau. Tapi inget kalo kita ga ngegunain MAP jangan dinyalain GPSnya soalnya penggunaan GPS berpengaruh sama RAM & HP jadi cepet panas karena GPS berusaha mencari lokasi kita atau informasi dari jalanan.

Sebenernya masih banyak lagi cara-cara buat android kita jadi cepat & ga lemot, tapi ada beberapa yang kelupaan. Kalo inget bakal ditambah dipostingan ini.
Kalo ada saran atau pertanyaan bisa berkomentar atau menghubungi langsung lewat email pada menu Contact.
0 Comments

Silahkan jika ada yang ingin memberi saran atau pertanyaan jangan sungkan :) . Jangan Spam!