Jangan Menyentuh Registry Editor!


Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups).(wikipedia)

Saya pribadi memiliki beberapa pengalaman yang kurang baik dengan registry. Saya pernah mengedit registry karena sebuah tutorial yang ada di youtube ataupun google yang mengharuskan saya mengedit registry, hasilnya bukan memperbaiki atau mempercepat pc malah menghancurkan pc saya sendiri, karena saya tidak mengerti apa yang saya edit pada registry.

Pada pengalaman kedua, saya menggunakan laptop saya, karena saya ingin mempercepat performa dari laptop saya, lalu saya mencoba membersihkan windows dari sampah sampah, dan mencoba untuk scan register yang error menggunakan aplikasi CCleaner, karena berasal dari software yang sering saya pakai, saya percaya CCleaner bisa memperbaiki registry yang rusak, tetapi bukannya menghapus dan memperbaiki registry yang rusak malah windows saya rusak, sudah saya coba berkali kali install ulang, tetapi saat sedang proses installasi windows selalu macet ditengah jalan, dan sayapun mencoba menggunakan garansi yang masih ada untuk laptop saya, ternyata hardisk saya kena.

Pelajaran berharga untuk saya, saya tidak akan lagi mengedit atau menghapus sesuatu pada regedit/registry yang saya tidak mengerti.
Buat kamu yang ingin mempercepat performa windows kamu, sebisanya/diusahakan jangan mengotak-atik yang ada di regedit/registry, masih banyak yang bisa dilakukan untuk mempercepat performa windows berapapun windows yang kamu miliki.

Di postingan selanjutnya saya akan membahas cara mempercepat kinerja/performa windows 10. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar atau bisa menghubungi saya lewat email(contact).
0 Comments

Silahkan jika ada yang ingin memberi saran atau pertanyaan jangan sungkan :) . Jangan Spam!